Wednesday 25 March 2015

7 Metode TERLARANG Membangun Percaya Diri



                                                                Membangun Kepercayaan diri
Kepercayaan diri merupakan suatu kepribadian yang banyak  orang ingin memilikinya. Bahkan saya sendiri sebagai penulis sangat ingin memilikinya. Menurut saya , percaya diri adalah suatu bentuk kepribadian  yang berasal dari hati dan pikiran yang menunjukan bahwa kita yakin akan adanya potensi yang kita miliki. Banyak orang bertanya tentang kepercayaan diri,  bahwa mereka merasa kurang atas fisik ( wajah , badan, dll) dan materi yang mereka miliki.
                Banyak dari beberapa orang yang menyebutkan kepercayaan dirinya mulai menurun atau melemah. Usut punya usut, dan selidik demi selidik, kemunduran dari kepercayaan diri itu terjadi karna beberapa hal. Yaitu :
1.       Kurangnya Rasa bersyukur Atas Apa yang Allah Berikan.
Bersyukur adalah tanda terimakasih kita kepada Allah. Dengan bersyukur, kita akan mendapatkan suatu kenikmatan iman. Sesungguhnya betapa nikmatnya itu iman sehingga, hidup kita menjadi optimis dan menjadikan pribadi yang percaya diri.
2.       Sifat Manusia yang Slalu Ingin Sempuna.
Banyak manusia yang mengiginka kesempurnaan , tapi bukan kesempurnaanlah yang mereka dapatkan , malah mendapatkan suatu kehancuran. Contohnya saja, banyak orang yang menginginkan kesempurnaan karna beralasan kurangnya percaya diri, dengan cara operasi plastic, tapi perbuatan mereka hanyalah sia-sia , karna dari hasil operasi plastic tersebut akan menyebabkan kerusakan pad suatu sel, sehingga sel tersebut rusak sehingga dapat menyebabkan kerusakan organ, hasilnya  yang tadi si oprasi plastik, bukan jadi bagus malah jadi hancur.
3.       Memppunyai Rasa Pesimis.
Kebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang mengatakan , bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gundut, telalu kurus, pendiam, dan lain-lain. Suara dalam diri sangatlah berpengaruh bagi kehidupan kita, sehingga , rasa pesimis merupakan suatu racun yang ada di dalam hati kita.
4.       Ingin Menjadi Orang lain.
Nah inilah penyebab dari kurangnya kepercayaan diri. Banyak orang yang menganggap ingin menjadi orang lain agar dirinya menjadi terkenal dan diperhatikan orang lain. Sesungguhna menjadi orang lain adalah suatu kesalahan, karna menjadi orang lain akan membuat pikiran kita menekankan standar yang di tetakan orang lain sehingga kita akan terpaku menjadi orang lain.
5.       Merasa Kita tidak Diperhatikan.
Perhatian orang lain kepada kita menurut saya adalah suatu motivasi bahwa kita itu di butuhkan/ berguna di suatu lingkungan , sehingga diperhatikan atau tidaknya seseorang merupakan suatu perrnyataan apakah orang itu diharapkan atau tidak, banak orang yang merasa bahwa diperhatikan itu merupakan orang yang berguna, sehingga apabila mereka tidak diperhatkan, mereka akan membuat pernyataan sendiri bahwa mereka itu adalah orang yang tidak di butuhkan. Sehingga dengan suatu pemikiran tersebut membuat seseorang  menjadi krisis kepercayaan diri. Oleh karena itu maka saya mengharapkan agar kita slalu berpikir positif dan perprasangka positif pula.
6.       Faktor Lingkungan
Sikpatau kepribaadiaan seseorang dapat diketahui olehlingkunganya, sehinga lingkungan sangat berpengaruh pada kepercayaan diri, contohnya, karna factor lingkungan yaitu kita ambil sampel si A dan si B,  pada suatu hari si A ( anak kampong ) pergi kee kota untuk berbelanja ke ml, sedangkan si A memakai pakaian dan sandal yang  jelek dan berbeda dengan orang kota  yang berpakaian rapih dan bagus, sehingga factor dapat kita ketahui bahea foktor lingkungan dapat mempengaruhi kepercayaan diri.
7.Masa lalu yang negative
Masa lalu itu adalah suatu pembelanjaran kita untuk masa yang akan dating, bagaimanakah kita agar bias memperbaiki masa lalu yang asalnya kelam menjadi baik dan lebih baik. Masa lau dapat mempengaruhi kepercayaan diri, apalagi kalau kita mempunyai masa lalu yang negative mungkin kita akan merasa trauma atas kejadian tersebut sehingga masa alu yang negative itu akan membuat kita kurang percaya diri maka kekelaman masa lalu itu harus kita buang dengan kebaikan-kebaikan dan keberhasilan-keberhasilan. Karena kemarin adalah kemarin, sekarang adalah sekarang, dan sekaranglah waktunya untuk kita “hijrah” dari yang buruk kepada yang baik dan dari yang baik menjadi lebih baik.
Dengan demikan menurunya kepercayaan diri itu disebabkan oleh 2 Faktor, yang ke 1. Faktor Internal (Berasal Dari Dalam), dan yang ke 2. Faktor Exsternal (Beerasal Dari Luar)
Ketnangan dan Kebahagiaan merupakan gaya hidup yang banyak diinginkan lahiriyah seseorang, Bagaimanakah Ketenangan dan Kebahagiaan itu bias kita dapatkan??? Ingsyaallah tentunya saya akan mencoba menuliskan  “7 Metode terlarang cara mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan “ setelah saya bias mengamalkan cara tersebut dengan benar. Kita balik lagi ke membangun Percaya diri.
Membangun kepercayaan diri merupakan hal yang gampang, karena kepercyaan diri itu berasal dari hati dan pikiran yang selaras, dengan demikian keselarasan hati dan pikiran akan membuat kita lebih mengimani atau percaya atas segala sesuatu. Sehingga dengan percaya kita akan mendapatkan sesuatu yang luar biasa. Keyakinan akan kepercayaan diri kita itu haruslah kuat apabila kita ingin maju, karena menurut Galan ASP “ Melangkah kepada yang lebih maju, dan Melaju kepada yang lebih baik”  mungkin itu adlah kata kata yang dapat meyakinkan kita itu harus melangkah maju.

No comments:

Post a Comment